TOKO JAKET ANIME MURAH BANDUNG

TOKO JAKET ANIME MURAH BANDUNG
belanja aman dan mudah

Kamis, 26 Mei 2011

cara service kipas angin

cara service kipas angin dan tata cara pengerjaan nya. kipas angin rusak kipas tidak berputar atau putaran lemah. Kipas angin hanya memakai sedikit perangkat hanya dinamo dan kapasistor yang berpungsi untuk memutar as kipas dengan di pasang baling-baling kipas yang terbuat dari pelastik hingga menghasilkan gerakan memutar dan membuat hembusan angin. kipas ini sangat bermampaat bagi kehidupan kita terlebih kita berada di daerah yang memiliki suhu tinggi. kecuali di area tobasa sumut disana orang disiang hari pada memakai jaket dingin nya seperti di dalam kulkas :)



Kerusakan yang sering di jumpai pada kipas angin baik yang duduk mau pun yang di gantung kipas tidak berputar terkadang berputar pelan dan lemas. Anda jangan buru-buru membuang atau berangkat ke toko elektronik karna mungkin kipas anda masih dapat di perbaiki. kalo dinamo yang rusak atau terbakar maka segeralah pikirkan dana untuk membeli kipas baru. yok periksa kipas anda siapkan peralatan obeng bunga +. Mari kita kerjakan



pertama buka pengaman kipas lalu putar baling-baling kipas tsb. Jika berat di putar maka keluarkan baling-baling kipas nya. Lalu buka penutup di belakang dan juga pengaman (jaring) kipas nya. Lalu pake obeng bunga buat membuka dinamo nya bongkar hingga as nya kipas dapat di ambil. Lalu buka pengikat tutup dinamo di dalam tutup ini terdapat sejenis cincin yang menahan as bisa di bilang sebagai ball bearing. kedua cincin dan besihkan pake minyak bersihkan juga as nya tempat cincin tidak ada karat. Masukan dan coba putar asnya apa masih berat tentu tidak dan pasang kembali beserta dinamo nya lalu coba di clokan ke listrik apa sudah berputar tentu sudah. dan periksa kecepatan nya apa di kecepatan rendah kipas masih berputar? kadang di putaran rendah kipas gak jalan dan di putaran tinggi jalan tapi pelan maka gantilah kapasistir nya yang bentuk kotak hitam cek nilainya maka kamu beli dengan nilai sedikit lebih besar contoh 1.2uf maka beli lah 1.5uf atau lebih. tujaun untuk meningkatkan daya putar kipas anda. ingat beli ukuran yang terlalu tinggi nanti dinamo jadi cepat panas. Lalu pasangkan semua seperti semula. nb: jika tidak putaran maka periksa resitor yang di balut di sambungan ke balel di namo sapa tau resitornya putus atau sambungkan kabelnya secara langsung.




Note: hati-hati pada dinamo jangan ceroboh dan jangan ada kabel kecil yang putus. Jika tetap tidak berputar pastikan pemasangan jangan ada yang salah. Lalu cek apa kah kabel celokan nya masih konek. Jika semua sudah beres tetap tidak hidup mungkin dinamo nya sudah rusak tapi itu jarang terjadi. Yang membuat kipas tidak berputar adalah abu atau debu yang menempal di as dan cincin as nya dan kapasistor yang berpungsi mengirim dan membagi arus ke dinamo.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

nice share

Unknown mengatakan...

owh gt eaa gan , kipas gantunbg ane dah 3 ni , rusak semua,,,di toko ane banyak debu .......tar ane check dah ,,moga bisa

adl mengatakan...

silahkan di coba bro. hanya kerusakan dinamo yang gak bisa kita perbaiki karna ini hanya tukang dinamo yang bisa. jadi kalo dinamonya rusah atau hangus lebih baik beli kipas baru aja.

Unknown mengatakan...

Minta tolong bro ane bru beli lilitan kipas angin tp ane sala pasang kabel trus langsung putarannya pelan bgt mengatasinya gmana bro tolong bantuannya brow.

Unknown mengatakan...

Minta tolong bro ane bru beli lilitan kipas angin tp ane sala pasang kabel trus langsung putarannya pelan bgt mengatasinya gmana bro tolong bantuannya brow.

adl mengatakan...

Abdul Mas Hudah@ coba ganti kapasistornya ke yang lebih tinggi dikit. misal 1.2uf ganti ke 2.uf

Posting Komentar

tinggalkan komentar anda

 

selamat datang di blog home adl Design by Insight © 2009